Thursday, 18 June 2015

Evaluasi Sumatif

Pada saat impelmentasi skala luas, pengelola pendidikann perlu mengetahui pakah sistem instruksional yang baru lebih baik dari yang sudah ada. Pengetahuan tentang efektifitas sistem baru itu merupakan bagian dari akuntabilitas pengguna sistem instruksional baru terhadap masyarakat pendidikan khususnya para pemangku kepentingan. Untuk  menjawab rasa ingin tahu itu pengelola pendidikan yang bersangkutan, perlu menyelenggarakan evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif adalah proses menilai suatu obyek, dalam hal ini sistem instruksional, hasil proses desain instruksional. Bila nyata sama efektifnya dengan yang lama, kedua sistem instruksional itu dapat digunakan secara bersamaan. Dalam keadaan seperti itu setiap sekolah dibolehkan memilih menggunakan salah satu di antaranya. Sebaliknya bila terbukti bahwa sistem instruksional yang lama secara signifikan lebih efektif dari yang baru,pengelola pendidikan dapat memutuskan menggunakan sistem instruksional yang lama dan menghentikan pengguna sistem instruksional yang baru. Keputusan seprti itu merupakan cirri pokok hasil evaluasi sumatif. Dalam tahap selanjutnya pengelola pendidikan dapat lebih berani menyebarluaskan penggunaan sistem instruksional baru melalui proses difusi inovasi

No comments:

Post a Comment