Untuk melakukan analisis
intruksional dapat melalui langkah-langkah sebagai berikut :
a. Menuliskan kompetensi umum yang telah
anda tulis dalam TIU untuk mata pelajaran yang sedang anda kembangkan.
b. Menulis setiap subkompetensi yang
menurut anda menjadi bagian dari kompetensi umum tersebut. Jumlah berkisar
antara 5-10 buah.
c. Menyususn subkompetensi tersebut kedalam
suatu daftar dalam urutan yang logis dimulai dari kompetensi umum,
subkompetensi yang paling dekat hubungannya dengan kompetensi umum, dan
diteruskan mundur sampai subkompetsnsi yang paling jauh dengan subkompetensi
umum.
d. Menambah atau mengurangi subkompetensi
tersebut jika diperlukan. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa harus berusaha
melengkapi subkompetensi tersebut.
e. Menuliskan setiap subkompetensi tersebut
dalam suatu lembar yang berukuran 3 x 5 cm.
f.
Menyusun kartu tersebut diatas meja atau
lantai dengan menempatkannya dalam struktur hirarkis, procedural atau
pengelompokan menurut kedudukan masing-masing terhadap kartu yang lain.
Letakkan secara horizontal untuk kartu yang memiliki struktur procedural atau
pengelompokan, dan secara vertical untuk kartu yang memiliki struktur hirarkis.
g.
Jika perlu, tambahkan subkompetensi yang
lain yang dianggap perlu atau kurangi yang dianggap lebih.
h. Menggambar letak setiap subkompetensi
tersebut dalam bentuk kotak-kotak pada lembar kertas sesuai dengan letak kartu
yang telah disususn.
i.
Meneliti kemungkinan menghubungkan
kompetensi umum yang satu dan yang lain atau berbagai subkompetensi yang berada
dibawah kompetensi umum yang berbeda.
j.
Memberi nomor urut pada setiap
subkompetensi dimulai dari yang terjauh dari kompetensi umum hingga yang
terdekat dengan kompetyensi umum.
k. Mengonsultasikan atau mendiskusikan
bagan yang telah disusun dengan teman sejawat untuk mendapat masukan. Hal yang
perlu diperhatikan dalam diskusi tersebut adalah
|
|||
No comments:
Post a Comment