Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar merupakan kegiatan yang kompleks, karena banyak faktor yang berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar ini. Namun kadang-kadang kegiatan belajar itu tidak menjadi efektif dan efisien karena sang guru kurang mengerti bagaimana gaya belajar siswa didik mereka sehingga anak didik kurang dapat menangkap informasi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi ketidak efektifan dan efisien tersebut guru harus mengidentifikasikan dan mengerti tentang bagaimana gaya belajar dan cara belajar dari anak didik mereka, karena dengan mengetahui itu guru akan lebih mudah dalam memilih metode yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi.

Selain dengan menggunakan metode itu, seorang guru juga dapat menggunakan pembelajaran yang dinamakan dengan pembelajaran kontekstual atau biasa disebut dengan  Contextual Teaching and Learning(CTL) (Sardiman, 2007:222). Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengkaitkan materi yang diajarkan dengan kondisi disekitar siswanya. Sebagai contoh adalah dengan mengkaitkan pelangi yang terjadi setelah hujan dengan pelajaran tentang spektrum warna, pembiasan cahaya, atau mengkaitkannya dengan prisma. Dengan mengkaitkan hal-hal tersebut siswa akan dengan mudah dalam mengerti makna yang ingin disampaikan oleh guru sehingga pembelajaran akan menjadi efektif dan efisien.
Previous
Next Post »