Pada
saat impelmentasi skala luas, pengelola pendidikann perlu mengetahui pakah
sistem instruksional yang baru lebih baik dari yang sudah ada. Pengetahuan
tentang efektifitas sistem baru itu merupakan bagian dari akuntabilitas
pengguna sistem instruksional baru terhadap masyarakat pendidikan khususnya
para pemangku kepentingan. Untuk
menjawab rasa ingin tahu itu pengelola pendidikan yang bersangkutan,
perlu menyelenggarakan evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif adalah proses menilai
suatu obyek, dalam hal ini sistem instruksional, hasil proses desain
instruksional. Bila nyata sama efektifnya dengan yang lama, kedua sistem
instruksional itu dapat digunakan secara bersamaan. Dalam keadaan seperti itu
setiap sekolah dibolehkan memilih menggunakan salah satu di antaranya.
Sebaliknya bila terbukti bahwa sistem instruksional yang lama secara signifikan
lebih efektif dari yang baru,pengelola pendidikan dapat memutuskan menggunakan
sistem instruksional yang lama dan menghentikan pengguna sistem instruksional
yang baru. Keputusan seprti itu merupakan cirri pokok hasil evaluasi sumatif.
Dalam tahap selanjutnya pengelola pendidikan dapat lebih berani menyebarluaskan
penggunaan sistem instruksional baru melalui proses difusi inovasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)